Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Potensi Tinggi Properti Jogja Tetap Optimis Di Masa Pandemi – bagian 1

    Perspektif Orizya Village Kaliurang 2 new concept tipe 165
    Tipe 50-hook, Pondok Permai Palagan 4
    Perspektif unit rumah tipe 54, Pesona Nogotirto
    Perspektif kawasan rumah tipe 90, Tjokro Boulevard

    Dunia properti Jogja membuktikan potensinya dengan tetap terjadi transaksi di seluruh segmen pasarnya. Meski terdampak pandemi Covid-19, sektor properti dinilai masih memiliki prospek cerah untuk dijadikan pilihan investasi. Di tengah pandemi sekalipun, industri properti diprediksi oleh sejumlah analis akan tumbuh positif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah program vaksinasi yang berimplikasi pada perbaikan ekonomi nasional.

    Selain vaksinasi, restrukturisasi kredit pemilikan rumah (KPR) dan rencana pemberian subsidi bunga oleh pemerintah turut berkontribusi terhadap perkembangan sektor properti. Oleh karena itu, kondisi seperti sekarang merupakan waktu yang tepat untuk bersiap membeli properti, baik bagi end user maupun investor. Alasannya, jika seluruh masyarakat sudah tervaksinasi dan pandemi berakhir, harga industri properti berpotensi dipastikan akan semakin meningkat pesat.

    Terdapat beberapa alasan yang mendorong masyarakat tetap ingin membeli properti. Faktor harga yang dinilai lebih terjangkau. Penawaran dan promosi menarik yang digaungkan oleh developer. Faktor cicilan yang lebih fleksibel. Ini selaras dengan dengan slogan membeli properti adalah untuk investasi jangka panjang.

    Melihat optimisme serta keyakinan tersebut, di edisi PPKM kali ini, redaksi tetap mencoba memberikan informasi paling update dari beberapa alternatif lokasi perumahan terbaru di beberapa titik wilayah Jogja, baik sisi Utara, Tengah kota, dan sisi Selatan.

    Orizya Village Kaliurang 2 terus menunjukkan produktivitas penjualannya di periode Januari – Juli 2021 ini. Disampaikan FX Kristanto, Direktur PT Citra Anugerah Berkat Utama, “Bahwa sebuah fakta yang menggembirakan, bahwa unit rumah kawasan Orizya Village Kaliurang 2 kami ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Penjualan sejak awal tahun sampai Juli 2021, kami berhasil menjual 5 unit rumah berkonsep 1 lantai yakni tipe 45 serta 1 unit rumah 2 lantai dengan tipe 160 (pengembangan dari tipe standar 125). Kami sangat bersyukur atas kepercayaan konsumen yang tetap mempercayai beberapa produk perumahan kami, khususnya di Orizya Village Kaliurang 2 ini.”

    Tipe yang paling di minati ialah tipe 1 lantai 45 dan 65. Selling point-nya, tipe 45 dan tipe tipe 65 memiliki luas kavling yang memadai untuk pengembangan. Bahkan kami juga memberikan opsi pengembangan ekonomis dengan konsep mezzanine, hanya dengan penambahan budget 25 - 30 juta saja. Mezzanine ini akan terkoneksi dengan balkon karena memanfaatkan dak teras. “Hampir semua konsumen kami memutuskan untuk menambah mezzanine yang persis berada di atas ruang tamu. Hal ini memberikan new ambience yang berbeda serta dirasa lebih modern sekaligus fungsional. Penambahan mezanine, yang bisa dihubungkan di area fasad depan yang bisa difungsikan sebagai balkon untuk bersantai,” paparnya.

    Orizya Village Kaliurang 2 menyediakan total 21 unit rumah, terbagi menjadi beberapa tipe standar, yakni tipe 45 dan tipe 60, dengan variasi luas kavlingnya mulai 120 - 240 m². “Untuk tipe 45 dengan luas tanah rata-rata mulai ukuran variabelnya 130 - 132 m², saat ini harga kami tawarkan mulai 950 jutaan. Banyak konsumen yang melakukan penambahan ruang menjadi tipe 60 atau tipe 70, sehingga harga setelah perubahan berada di angka 1,1 miliaran. Harga tersebut sudah termasuk PPN dan biaya pecah sertipikat dan IMB. Saat ini kami sudah serah terimakan 8 unit rumah ke konsumen kami, dan saat ini masih menyisakan 6 unit terakhir,” papar Kristanto antusias.

    Tahun 2021 ini, developer memberikan konsep baru dengan jumlah terbatas. “Kami hadirkan 2 model tipe rumah yakni tipe 65 dan tipe 145. Di tipe 65 akan dihadirkan 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, 2 kamar mandi, inner court, dapur, serta mezzanine, dengan carport mampu menampung 2 mobil. Di tipe ini konsumen dapat memilih variabel kavlingnya, mulai 125 m² – 132 m². Kemudian di tipe 145, kami mengkonsep hunian 2 lantai ini dengan layout ruangnya terdiri atas ruang tamu, 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga, innercourt, mezzanine, dan carport untuk 2 mobil. Konsumen diberikan opsi dengan luasan lahan variabel mulai 156 m² sampai yang terbesar diluasan 240 m²”, lanjut Kristanto.

    “Untuk lebih menggenjot penjualan, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ini diberikan special discount sampai 50 juta serta bonus menarik lainnya. Untuk yang menginginkan pembiayaan KPR, konsumen bisa dengan DP 20 % saja, dan DP tersebut bisa diangsur sampai 6 kali. Dan kami pun juga sudah PKS dengan beberapa perbankan nasional seperti Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga, dan BTN. Untuk metode pembayaran lainnya, untuk cashbertahap, bisa dicicil 12 X angsuran tanpa bunga. Sedangkan untuk cash keras, pun bisa dicicil sesuai progress pembangunannya antara 6-8 bulan,” pungkas FX Kristanto Utomo via telepon.

    Pondok Permai Palagan 4 merupakan wujud produktivitas Sumber Baru Land (SBL) mengembangkan kawasan perumahan di Jogja Utara. Menghadirkan kawasan terbarunya di sisi Barat poros Jalan Palagan Tentara Pelajar km. 8, yang ditawarkan sebanyak 18 unit hunian. Dengan konsep hunian 1 lantai, tipe rumah di Pondok Permai Palagan 4 ini menyajikan desain terbaru yang lebih terkesan tropis dan estetik. Pondok Permai Palagan 4 berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 7500 m² ini dengan konsep one gate system, security 24 hours with CCTV, dan garden & playground area.

    “Adapun progress penjualan selama semester awal 2021 ini, kami berhasil menjual kembali 4 unit rumahnya. Fakta ini menunjukkan respon pasar properti untuk area Jogja Utara masih cukup potensial, ditengah kondisi perekonomian nasional yang cukup tersendat akibat pandemi covid19 yang berkepanjangan ini. “Untuk progress pembangunan di Pondok Permai Palagan 4 sudah berjalan sesuai perencanaan. Kami sudah selesaikan seluruh infrastruktur pendukung kawasan serta pekerjaan pembangunan unit-unit yang sudah berhasil lebih dari 60 % kami jual,” terang Maria, Marketing Manager SBL.

    Menawarkan tipe 50 dan tipe 50-hook, dengan pilihan luasan kavling variabel mulai 126 – 194 m². Penggunaan atap limasan memberikan sentuhan fasad bangunan menjadi lebih elegan dan eksklusif. Tipe standar 50 ini memiliki 2 kamar tidur utama, ruang tamu yang terhubung dengan ruang keluarga serta dapur. Unsur minimalis semakin tegas dengan ornamen penggunaan material di bukaannya, baik bentuk jendala dan pintu di bagian fasad depan hunian. “Sampai Juli 2021 ini kami sudah serah terimakan sebanyak 6 unit rumah di Pondok Permai Palagan kepada konsumen. Dan kebanyakan untuk segera ditinggali sehingga kawasan sudah mulai nampak lebih hidup lingkungannya. Konsumen masih didominasi masyarakat dari luar Jogja, walaupun tercatat ada konsumen lokal mampu menyerap pasar premium kami, khususnya yang berada di sisi Utara,” lanjut Maria.

    Pondok Permai Palagan 4 berada di area sangat strategis dan lingkungan yang masih sangat asri. Didukung pula dengan kedekatan dengan sarana pendidikan, tak jauh dari beberapa kampus ternama diJogjakarta, misalnya STIM YKPN, UTY, UII, dan kampus legendaris UGM. Serta tak jauh dari Sekolah TK/SD Al Azhar, Yogyakarta Independent School (YIS), Sekolah Budi Utama, TK/SD BIAS dan dukungan fasilitas umum modern seperti Jogja City Mall dan Sleman City Hall. Dan ke depan juga tak jauh dari pintu On-Off Palagan, trase Jogja – YIA yang merupakan bagian dari toll trans java Jogja – Solo.

    Untuk lebih menggenjot penjualan di masa pandemi ini, pihak SBL memberikan beberapa opsi metode pembayaran yang fleksibel dan menarik. “Konsumen bisa memakai metode sistem cash bertahap, yang bisa diangsur sampai 6 kali, dengan uang muka sebesar 30 % saja. Sedangkan untuk KPR, kami sudah bekerjasama dengan beberapa perbankan, yang mau memberikan keringanan dengan hanya menyediakan DP sebesar 10 % saja. Dan untuk pembayaran cash keras, kami berikan peluang untuk diberikan special discount,” terang Maria semangat.

    “Untuk Agustus 2021, Pondok Permai Palagan 4 kami tawarkan mulai kisaran 1,2 miliaran, harga tersebut sudah include PPN. Kami optimis, di semester 2 tahun 2021 respon pasar tetap tumbuh. Besar harapan kami stimulus pemerintah berupa free PPN yang sudah diperpanjang sampai akhir Desember 2021 nanti, kembali menggairahkan transaksi properti,” pungkas Maria SE tegas.

    Pesona Nogotirto merupakan salah satu mahakarya terbaru garapan developer Cahyo Griya Inti Santoso (CGIS), yang sudah lebih dari 25 tahun (sejak 1994-red) malang melintang di dunia bisnis properti Jogjakarta. CGIS terbukti terus produktif mampu mewujudkan kawasan hunian eksklusif, strategis, bernilai investasi tinggi. Berada di dusun Guyangan Nogotirto Gamping Sleman yang terhubung dengan poros Jalan Godean Km 4 dan masih berada di dalam ringroad yang masuk wilayah perkembangan kota Jogja yang tumbuh begitu pesat. Di sepanjang Jalan Godean sudah sangat komplit oleh berbagai sarana pemenuhan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti pusat perbelanjaan Mirota Godean, Superindo, Pasar tradisional Tlogorejo, serta dekat berbagai kawasan pertokoan, perkantoran, dan perbankan.

    Diterangkan Andri Kurniawan, selaku Assistant Manager PT Cahyo Griya Inti Santoso, “Perumahan terbaru kami ini berada di lokasi yang jelas sangat menyuguhkan aksesibilitas yang sangat prima. Tak jauh dari akses Ringroad dan memiliki kedekatan dengan berbagai sarana pendidikan. Lokasi kami terbilang cukup prima, karena relatif dekat dari berbagai pembangkit lingkungan. Hanya 5 menit Universitas Aisyiyah, 10 menit menuju UTY, 20 menit menuju kampus UGM dan ke kampus UMY Terpadu-Gamping. Dekat dengan fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit (RS)Akademik UGM, RS Queen Latifa, serta PKU Muhammadiyah Gamping.”

    Pesona Nogotirto masih menawarkan beberapa pilihan tipe standar, yakni tipe 54, dengan luas tanah variabel mulai dari 108 m² sampai ukuran terluasnya 192 m². “Rencana kami akan hadirkan total 18 unit rumah tinggal berkonsep 1 lantai. Bahkan awal Agustus 2021 kami juga segera membangun unit rumah yang sudah laku dan unit rumah yang akan hadirkan sebagai rumah contoh sekaligus ready stock. Sengaja kami berikan opsi tersebut, karena pasar membuktikan, bahwa berdasarkan pengalaman kami di proyek terdahulu, Pesona Regency maupun Pesona Residence, selalu ada beberapa konsumen yang memang membutuhkan rumah untuk segera dihuni. Untuk menambah kenyamanan dalam kawasan perumahan seluas 3070 m² ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan jalan one gate system, jalan lingkungan dengan lebar 7 meter, serta area open space,” papar Andri.

    Konsep minimalis modern akan dihadirkan di unit rumah Pesona Nogotirto. Minimalis ditampilkan dengan garis-garis tegas pada fasad bangunan. Sedangkan kesan modern diwujudkan dengan penggunaan material yang lebih banyak menggunakan bahan fabrikasi. Selain itu dari sisi perijinan dan legalitas, pihak pengembang tersebut berkomitmen kuat untuk memberikan yang terbaik. Untuk legalitas dan perijinan adalah hal utama yang selalu pastikan terjamin lengkap dan komplit memenuhi semua unsur legal ijin sebuah bangunan dari developer sekelas PT Cahyo Griya Inti Santoso. “Potensi pasar properti segmen kelas menengah saat ini masih sangat besar. Banyak konsumen memiliki motivasi yang membelikan anaknya yang sedang menimba ilmu di Jogja, dijadikan rumah singgah, dijadikan guesthouse maupun homestay, maupun untuk masa pensiun.,” ungkap Andri serius.

    Ditahap pre launching ini, Pesona Nogotirto memberikan beberapa program promo. Saat ini, kami tawarkan mulai harga 1 miliaran dengan harga sudah include PPN, biaya IMB, serta sambungan jaringan listrik PLN dan PDAM. Dapatkan cashback 50 juta atau bonus lainnya seperti AC dan Canopy. Untuk KPR, kami juga sudah PKS dengan bank BRI dengan rate suku bunga khusus serta bisa dengan DP 10 % saja dan berkesempatan mendapatkan tambahan bonus free biaya provisi, free administrasi, serta gift voucher dari BRI. Namun ke depannya kami juga akan gandeng perbankan nasional maupun swasta lainnya untuk layanan pembiayaan KPR-nya. Untuk cash bertahap, konsumen bisa dengan DP 30 %, dan sisanya bisa dicicil sampai 6 kali tanpa bunga,” tutup Andri berpromosi.

    Tjokro Boulevard terbukti mampu menjadi alternatif pilihan hunian segmen middle up Jogja Selatan garapan Adisukma Land. Lokasi tepatnya persis di tepi Jalan Imogiri Barat Km.7, Timbulharjo Sewon Bantul. Vendy Adi Sukma, selaku Direktur Utama menjelaskan, “Respon pasar terhadap kehadiran Tjokro Boulevard tergolong antusias. Walaupun kondisi masih dilanda pandemi, kami berhasil terus melakukan transaksi jual beli properti. Terhitung sejak Januari sampai Juli 2021 ini, Tjokro Boulevard berhasil menjual sebanyak 13 unit rumahnya, rata-rata terjadi 2 transaksi tiap bulannya. Tjokro Boulevard menjadi alternatif masyarakat sub urban Jogja, yang mendambakan hunian eksklusif di pinggiran perkotaan.”

    Lokasinya yang sangat strategis, cocok untuk hunian bernilai investasi tinggi. Dukungan lingkungan yang masih asri, menjanjikan kualitas hidup yang sehat dan nyaman. Terhubung dengan poros Ringroad Selatan yang akan memudahkan akses sekaligus menunjang mobilitas. Hanya 15 menit menuju kampus terpadu UAD dan ISI, 20 menit menuju Malioboro dan maupun Plaza Ambarukmo, dan 60 menit menuju Bandara YIA Kulon Progo. Selling point lainnya yakni akan dihadirkannya berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti one gate system dengan gerbang eksklusif nan elegan, security 24 jam with CCTV, mainroad dengan ROW 10 meter, akses jalan lingkungan lebar 7 meter, underground utilities, fasilitas ibadah berupa Masjid dan area Clubhouse. Nantinya di dalam Clubhouse akan dilengkapi swimming pool, function hall, dan mini commercial area.

    Kawasan hunian seluas ± 1,8 hektar ini akan menghadirkan total 130 unit hunian mewah berkonsep 2 lantai berpadu dengan kawasan taman hijau asri dengan lingkungan yang tenang. “Saat ini kami sedang mengerjakan pembangunan berbagai infrastruktur dasar kawasan berupa pembuatan akses serta perkerasan jalan kawasan, jalur saluran resapan air maupun pembuangan, serta tembok keliling. “Untuk estimasi pembangunan 10 unit rumah pertama sudah kami mulai sejak Juni 2021 untuk target serah terima di bulan Februari tahun 2022. Selanjutnya kami juga akan bangun secara paralel unit terpesan serta akan segera kami bangun juga 2 unit rumah contoh sekaligus memberi alternatif rumah ready stock ke depannya,” terang Vendy.

    Tjokro Boulevard menawarkan 2 tipe rumah standar, yakni tipe 65/72 dengan dimensi kavling 6 x 12 meter serta pilihan tipe 90/96 dengan dimensi kavling 8 x 12 meter. “Untuk tipe rumah yang diminati ialah tipe 65, selain faktor harga perdana,mereka merasa telah tercukupi kebutuhan ruangnya. Konsumen akan diberikan model rumah dengan atap pelana. Berfasilitas 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi yang berada di lantai 2. Untuk lantai 1 diberikan layout berupa living room, dinning room, dan kamar mandi serta taman depan berdampingan dengan carport,” lanjutnya. Mengkolaborasikan konsep green living selaras dengan keinginan pasar era milenial yang mengedepankan gaya hidup simpel dan modern.

    Vendy menjelaskan untuk lebih menggenjot penjualan, dipertengahan 2021 ini, diberikan berbagai kemudahan cara bayar serta promo menarik. “Untuk tipe 65, saat ini ditawarkan mulai 600 jutaan, sedangkan untuk tipe 90, dikisaran harga ± 1 miliaran. “Untuk model pembayaran cash bertahap, konsumen diberikan skema reguler dengan DP minimal 20% dan sisanya dapat diangsur 12 bulan. Bahkan selama PPKM ini, diberikan kelonggaran yakni DP-nya bisa diangsur sampai dengan 3 bulan dan sisanya bisa di angsur sampai 36 bulan. Untuk KPR DP minimal 20%, dan saat ini kami sedang dalam proses pengurusan PKS dengan perbankan nasional seperti Mandiri, BNI, dan BTN. Meskipun PKS masih dalam proses, kami tetap menerima konsumen yg ingin membeli dgn skema KPR. Terdapat discount up to 200 juta untuk unit tertentu khusus bayar cash keras, discount 50 juta untuk skema cash bertahap, dan discount 25 juta untuk skema KPR.” Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain