Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Layanan Prima Ala Milenial, @NDALEM AYU Kost Exclusif

    NDALEM AYU Kost Exclusif
    Area lorong kamar dengan dekorasi minimalis
    Area kamar dengan double
    Kenyamanan kamar dengan fasilitas ala hotel
    Lantai dasar sebagai area parkir & communal space

    Kebutuhan akan hunian kost sangat tinggi dari tahun ketahun. Hal ini dikarenakan jumlah perusahaan dan kampus yang berkembang semakin banyak yang berdampak pada kebutuhan jumlah karyawan dan jumlah mahasiswa yang selalu bertambah pula. Oleh Karena itu, bisnis rumah kost yang terletak di sekitar lokasi strategis baik pusat kota atau dekat dengan kampus dapat menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Apabila segala aspek tersebut terpenuhi, maka bisnis kost eksklusif tentu saja akan menghasilkan pendapatan yang panjang dan rutin setiap bulannya.

    Peluang bisnis kost eksklusif di daerah perkotaan sangat menggiurkan bagi Anda yang tertarik untuk memperoleh passive income secara rutin. Tren tinggal di kawasan kost eksklusif ini semakin digandrungi oleh para mahasiswa. Selain menghasilkan passive income, bisnis ini juga memiliki beberapa keuntungan lainnya. Hal ini selalu terjadi kerena mayoritas penghuni kost adalah mahasiswa dari luar kota. Selama kuliahnya berlanjut, maka sampai masa studinya selesai akan terus menetap di kost tersebut, bahkan apabila bekerja di kota itu juga maka akan menetap lebih lama lagi.

    Rupanya peluang tersebut yang ditangkap oleh Anendagustiar Putra dalam memulai bisnis kost eksklusif bernama Ndalem Ayu. Selain menawarkan hunian sementara dengan konsep kost eksklusif, Ndalem Ayu yang berlokasi di Jalan Geblakan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta tersebut juga menjamin kenyamanan bagi penghuni dengan segala fasilitas di dalamnya. Kedekatan lokasi dengan beberapa universitas terkemuka di Jogja juga menjadi kelebihan tersendiri dari Ndalem Ayu. “Jadi ya memang bisa dibilang Ndalem Ayu ini adalah bisnis pertama saya di bidang hospitality. Dari awal saya sama sekali tidak ada basic dalam bidang ini, namun dengan berjalannya waktu saya belajar dan ternyata mulai menemukan keseruan di sini. Kebetulan juga dulu dapat lahan dengan lokasi yang dekat dengan kawasan kampus, jadi saya memutuskan untuk memulai bisnis kost eksklusif ini,” papar Putra, sapaan akrabnya.

    Putra menambahkan, dalam hal pemilihan Ndalem Ayu sebagai nama kost tersebut mempunyai arti tersendiri. “Ndalem dalam bahasa Jawa mempunyai arti rumah, sedangkan ayu lebih mencerminkan sosok putri atau wanita dalam pewayangan. Hal tersebut berarti rumah bagi para wayang putri, karena memang kost ini saya khususkan untuk penghuni wanita saja. Untuk penamaan kamarnya saya juga menggunakan nama-nama putri dalam tokoh pewayangan, seperti Srikandi, Shinta, dan Sumbadra,” imbuhnya.

    Kost eksklusif yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 254 m² tersebut mempunyai total 22 kamar yang terbagi menjadi 3 tipe kamar. Pembagian tipe-tipe kamar tersebut hanya pada size tempat tidur dan layout kamarnya saja, sementara untuk luasan dan fasilitas dalam kamarnya tetap sama. Fasilitas kamar yang tersedia yaitu bathroom, air conditioner, water heater, televisi berbayar, serta wifi di seluruh area kost yang akan menjamin kenyamanan penghuninya. Untuk fasilitas diluar kamar yaitu CCTV, security 24 jam, parkir kendaraan yang luas, serta communal space sebagai area untuk bersantai maupun menjamu tamu yang datang. Harga sewa yang ditawarkan untuk menghuni kost Ndalem Ayu sendiri mulai dari Rp 1.650.000 per bulan untuk kamar-kamar di lantai 3, kemudian Rp 1.750.000 per bulan untuk kamar lantai 2 dengan single bed, dan Rp 2.000.000 per bulan untuk kamar lantai 2 dengan double bed.

    Dilihat dari sisi arsitektur bangunannya, kost eksklusif yang mulai beroperasi sejak awal tahun 2019 tersebut ingin menghadirkan konsep bangunan minimalis modern dengan penambahan unsur-unsur heritage di dalamnya. Hal tersebut nampak pada fasad bangunan yang bernuansa layaknya sebuah rumah modern dengan 3 lantai. Pada sisi depan terdapat sebuah ruang tunggu ojek online dengan aplikasi panel bernuansa kayu, senada dengan pintu gerbang utama. Lantai dasar lebih difungsikan sebagai parkir kendaraan dan juga security office. Parkir kendaraan memiliki luasan yang mampu menampung hingga 10 mobil dan motor sekaligus. Hal tersebut tentunya semakin membuat penghuni kost merasa aman dan nyaman meninggalkan kendaraan mereka. Pada salah satu sudut area parkir terdapat sebuah communal space sebagai ruang untuk berkumpul dengan table set berbahan kayu bernuansa industrial. Kemudian tepat di sebelahnya, ada dapur bersama sebagai fasilitas penghuni kost dengan alat dan bahan untuk memasak yang cukup lengkap. “Selain fasilitas utama kamar dan fasilitas penunjang yang ada, kami juga menyediakan dapur bersama yang dapat digunakan penghuni apabila mereka ingin memasak makanannya sendiri. Untuk peralatan memasak dan juga gas sudah tersedia. Kemudian di dapur juga sudah tersedia beberapa bahan makanan yang dapat mereka gunakan sesuai kebutuhan. Semua fasilitas dapur tersebut free bagi penghuni kost, tidak ada biaya tambahan lain yang kami bebankan kepada mereka,” ujar Putra.

    Masuk menuju area lantai 2, kesan nyaman dan bersih begitu terasa dengan tata ruang kamar yang rapi di sisi kanan dan kiri lorong. Kesan minimalis nampak dengan aplikasi pernak-pernik dan dekorasi yang tidak terlalu ramai dan terkesan penuh. Sentuhan unsur kayu disisipkan pada pintu-pintu kamar dan panel dekorasi untuk memberikan sentuhan klasik pada lorong kamar. Beberapa hiasan dinding berupa foto dan lukisan menjadi pelengkap dekorasi yang semakin mempercantik tampilan area lorong. Memasuki kamarnya, dekorasi ruangan yang compact serta nyaman untuk ditinggali benar-benar terasa layaknya berada di dalam kamar hotel.Master bed berbahan kayu bergaya minimalis modern menjadi fasilitas utama di ruangan kamar. Fasilitas berupa almari pakaian dan desk room juga diberikan sentuhan unsur kayu yang menghadirkan nuansa hangat nan nyaman. Bathroom dalam kamar bernuansa monochrome dengan fasilitas modern seperti shower dan wc duduk akan semakin menambah kenyamanan bagi penghuni.

    Dari segi interiornya, semua kamar memiliki desain yang kurang lebih serupa termasuk kamar-kamar di area lantai 3 yang dikhususkan untuk penghuni yang menyewa kamar lebih dari 3 bulan. Kemudian untuk menyerap konsumen yang membutuhkan kamar dengan sewa per hari, Ndalem Ayu juga menyediakan kamar harian. “Mempelajari kebutuhan konsumen yang ada, ternyata banyak juga yang membutuhkan jenis kamar harian untuk singgah sementara. Biasanya ketika ada event wisuda, kamar harian ini yang paling banyak dicari karena sebagai tempat singgah bagi orang tua yang berasal dari luar kota dan akan menghadiri prosesi wisuda anaknya. Untuk tarif kamar harian sendiri kami tawarkan seharga Rp 170.000 per malam include semua fasilitas yang ada di sini, namun tidak ada sarapan pagi. Untuk serapan penghuni di Ndalem Ayu sendiri mayoritas adalah mahasiswa dari kampus-kampus sekitar daerah sini, terutama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Namun ada beberapa penghuni yang statusnya sebagai karyawan dari luar kota yang bekerja di Jogja juga. Pada intinya kami selalu mengedepankan faktor service bagi penghuni Ndalem Ayu, sehingga mereka merasa nyaman tinggal di sini,” pungkas Putra. Farhan-red

    NDALEM AYU Kost Exclusif

    Jl. Geblakan, Tamantirto,
    Kasihan, Bantul, Yogyakarta
    Telp. : 081229897234 / 08112800121

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain