Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Hawa Asri, Klasik & Antik Keboen Ndalem Homestay Semarang

    Keboen Ndalem Homestay & Resto
    Area taman bernuansa hijau & sejuk
    Area resto dengan bangunan khas Jawa klasik
    Table set kayu minimalis sebagai area bersantai di taman
    Dekorasi kamar tidur simpel dengan dominasi unsur kayu

    Tempat wisata di Semarang sepertinya telah banyak berkembang dan dikenal wisatawan. Contohnya saja seperti tempat wisata di kawasan Gunung Pati yang sedang berada di puncak kepopulerannya. Letak Kota Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah ini menjadi salah satu tempat yang strategis untuk mendirikan tempat wisata baru, sehingga kemungkinan besar tempat wisata di pinggiran Semarang tersebut juga akan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar kota.

    Ada banyak tempat wisata di Gunung Pati yang menarik perhatian seperti Waduk Jatibarang, Goa Kreo, wisata Ngrembel Asri, Curug Lawe, hingga replika Ka'bah di Firdaus Fatimah Zahra. Tempat-tempat wisata di kawasan Semarang ini cukup populer di kalangan para remaja. Hal demikian dikarenakan tempat-tempat wisata tersebut menyuguhkan spot foto yang menarik. Cocok untuk para remaja yang ingin mempercantik feeds instagramnya. Bukan hanya perkembangan tempat wisatanya, namun juga dibarengi dengan tumbuhnya bisnis hospitality di sekitaran Gunung Pati yang menawarkan pengalaman menginap yang menarik. Salah satu penginapan di kawasan Gunung Pati yang menawarkan konsep tradisional berpadu dengan nuansa alami yaitu Keboen Ndalem Homestay.

    Keboen Ndalem hadir sebagai salah satu penginapan dengan konsep homestay bertemakan budaya dengan citarasa yang tinggi. Homestay yang mulai beroperasi sejak bulan Oktober 2019 ini menawarkan sebuah konsep penginapan dengan kenyamanan dan ketenangan khas rumah Jawa bagi tamu yang menginap. Keboen Ndalem Homestay ini dibangun dengan konsep rumah-rumah tradisional Jawa yang terletak diantara kebun tanaman-tanaman hias dengan nuansa hijau yang begitu kental. Bangunan rumah Jawa tersebut dipesan langsung dari kota Jepara yang memang telah terkenal sebagai kota pengrajin kayu dengan kualitas terbaik.

    Berlokasi di Jalan Pongangan Raya RT 04 RW 02, Pongangan, Gunung Pati, Semarang, Keboen Ndalem Homestay berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1 Ha. Dikatakan Arsyad Pratama selaku owner Keboen Ndalem bahwa pembangunan penginapan ini berawal dari niatannya untuk membangun tempat singgah bagi teman dan saudara yang datang ke Semarang. “Jadi memang dulu awalnya punya aset di sini dan ingin membangun rumah singgah untuk teman dan saudara saya yang datang ke Semarang. Sama sekali tidak terpikirkan untuk dibangun sebuah homestay. Maka dari itu masa pembangunannya memakan waktu yang cukup lama, sekitar 2 tahun karena memang dilakukan secara bertahap,” ungkap Arsyad.

    Begitu memasuki kawasan Keboen Ndalem Homestay, kesan natural dan asri sudah begitu terasa dengan banyaknya pohon-pohon perindang di sekitar area parkir kendaraan. Homestay ini mengusung konsep penginapan Jawa dengan paduan sentuhan alam di dalamnya. Berada di daerah yang masih cukup asri dengan hamparan persawahan di sekeliling penginapan menambah suasana sejuk. Udara yang masih segar dan lingkungan pedesaan yang khas menjadikan tamu semakin betah untuk menikmati waktu menginap di Keboen Ndalem Homestay. Menyusuri akses jalan area penginapan dengan sisi kanan kirinya ditumbuhi berbagai jenis tanaman hias layaknya sebuah kebun, terdapat sebuah bangunan rumah kayu berukuran tidak terlalu besar yang difungsikan sebagai receptionist area. Bangunan tersebut didominasi bukaan kaca berukuran besar sehingga memaksimalkan pencahayaan alami ketika siang hari. Tepat di samping ruang resepsionis, terdapat sebuah lorong bernuansa alami dengan tumbuhan rambat yang menjalar pada sebuah atap jaring besi menghadirkan kesan sejuk nan hijau.

    Keboen Ndalem Homestay ini menyediakan 11 kamar yang masing-masing terbagi menjadi 3 tipe, yaitu sebuah kamar tipe family room, 8 unit kamar tipe deluxe room, dan 2 unit kamar dengan tipe backpacker room yang mempunyai kapasitas 2 bed per kamarnya. Tipe kamar yang disediakan menyesuaikan dengan kebutuhan tamu yang akan menginap dengan rate mulai dari Rp 200.000 per bed untuk tipe kamar backpacker, Rp 600.000 untuk tipe kamar deluxe dengan kapasitas 2 orang per kamar, dan Rp 900.000 untuk tipe kamar family room dengan kapasitas 4 orang per kamarnya, sudah termasuk breakfast. Fasilitas kamar yang diberikan juga cukup lengkap diantaranya televisi dengan saluran berbayar, air conditioner, shower, dan free teh dan kopi. Sedangkan untuk fasilitas di luar kamar berupa room service, lounge area, serta free wifi di area resto.

    Beberapa kamar tipe deluxe terletak di area homestay tidak jauh dari receptionist dan area resto. Nuansa klasik khas Jawa sudah nampak sejak di teras depan kamar. Sebuah pintu dan jendela kayu kuno, berpadu dengan aplikasi lantai motif klasik membuat kesan Jawa terasa semakin kental. Table set rotan bergaya klasik juga nampak pada bagian teras sebagai fasilitas bagi tamu untuk bersantai di luar kamar. Begitu juga saat memasuki ruang kamar tidur dimana dekorasi ruangan yang digunakan mempunyai kesan Jawa yang khas, seperti ranjang tidur kayu kuno king size dan juga bed cover bernuansa putih serta lantai kamar yang mengaplikasikan tegel bermotif klasik. Beberapa pernak-pernik pelengkap seperti lampu tidur serta furnitur yang digunakan senada dengan konsep yang diusung. Sedangkan area bathroom mempunyai fasilitas modern dengan dominasi nuansa putih pada dinding dan juga wastafelnya.

    Kamar berikutnya yaitu tipe family sebanyak 1 kamar yang tepat di sisi depan area resto. Dekorasi kamar yang disuguhkan kurang lebih mempunyai nuansa yang serupa dengan kamar sebelumnya. Yang membedakan kamar tipe family dengan tipe deluxe hanya pada luasan kamarnya, dimana kamar tipe family mempunyai luas yang lebih besar daripada kamar tipe deluxe. Kamar tipe family yang mempunyai luasan kamar paling besar dibanding kedua tipe kamar yang lain. Kamar tipe family tersebut berkapasitas standar 4 orang dan kapasitas maksimal 6 orang dengan tambahan extra bed. Ditambah dengan area lounge dalam yang dapat digunakan untuk bersantai, mengobrol, maupun menerima tamu yang datang. Dengan adanya berbagai fasilitas tersebut tentu saja akan menjamin kenyamanan siapa saja yang menginap di Keboen Ndalem Homestay.

    Kemudian untuk kamar tipe backpacker terletak di area penginapan paling belakang dengan nuansa interior yang simpel namun tetap mengedepankan kenyamanan bagi tamu yang menginap. Konsep sharing room dengan masing-masing 2 bed pada tiap kamarnya dapat menjadi pilihan bagi tamu yang hanya membutuhkan tempat untuk sekedar beristirahat di malam hari. Selain penginapan, Keboen Ndalem Homestay juga memiliki fasilitas berupa restoran dan juga taman terbuka yang dapat digunakan bukan hanya untuk tamu yang menginap namun juga bagi pengunjung umum yang ingin bersantap sembari bersantai menikmati suasana nan sejuk di Keboen Ndalem.

    Terdapat juga fasilitas meeting room dengan bangunan khas Jawa kuno yang dapat digunakan untuk mengadakan berbagai acara. “Jadi selain homestay, kami juga mempunyai Waroeng (resto –red) yang dibuka untuk pengunjung umum. Selain itu kami juga menyediakan beberapa paket meeting yang dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan acara. Untuk paketnya ada halfday package, fullday package, dan fullboard package dengan harga mulai dari Rp 65.000 hingga Rp 400.000 /pax. Kemudian di sini juga sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding, jadi selain tempat menginap yang nyaman, kami juga menyediakan berbagai kebutuhan event bagi masyarakat,” pungkas Arsyad. Farhan-red

    KEBOEN NDALEM HOMESTAY & WARUNG
    Jalan Pongangan Raya RT 04 RW 02,
    Pongangan, Gunung Pati, Semarang

    Telp : (024) 76904630
    WA : 0822 7967 8889
    Ig : @keboenndalemhomestay

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain